Wednesday, November 28, 2007

Gorengan Bikin Keriput ?

gorengan bikin kriput? Ko bisa sih? Ya iya. Awalnya gw juga ga percaya ko. Gorengan seenak itu ko bisa bikin keriput? Ada-ada aja.
Tapi ternyata emang ada-ada aja.
Coba simak artikel yang gw dapet dari jadilangsing.com

"Berhati-hatilah. Jangan sampai Anda memasak secara berlebihan, karena dapat memicu timbulnya radikal bebas pada makanan, contohnya saja, menggoreng terlalu lama akan menimbulkan kerak kehitaman pada permukaan makanan. Kerak tersebut mengandung radikal bebas yang bersifat karsinogenik (mencetuskan kanker). Contoh lainnya, penggunaan minyak goreng yang sama secara berulang-ulang dapat menyebabkan oksidasi asam lemak tak jenuh yang kemudian, akan membentuk radikal bebas."

Ngerti? Belum ya? Oke, gw jelasin lagi.


Hmm gini, intinya radikal bebas yg masuk ke tubuh merusak senyawa lemak pada sel membran. Akibatnya, kulit kehilangan kekencangannya dan muncullah keriput.
Teknisnya gini, radikal bebas yang datang memakan sel lemak diantara sel lemak yang tersusun pada jaringan kulit. Sebut saja ada sel lemak a,b,c,d,e, dst. Radikal tersebut memakan sel b dan d. Sehingga membuat adanya tempat yg kosong diantara sel a, c dan e. Karena adanya tempat yg kosong itulah yang membuat sel a, c dan e merapat. Hasil dari merapatnya beberapa sel yang trsisa membuat kulit jadi mengkerut atau sebut saja Keriput.

Nah begitu ilustrasinya. Tadinya mau digambarin. tapi berhubung gw ga jago corelnya, jadinya pake kata-kata deh. Mudah2an tetap bisa dimengerti. kalo masih ga ngrti tanya dokter aja deh.
Hehehe.

Kayanya semua orang tau deh klo gorengan yang dijual abang2 itu minyaknya dipake berulang-ulang. Kadang tu ampe iteeem warnanya (bukan kadang lagi, tapi hampir semua). Ga Kebayang klo itu minyak akhirnya dimakan juga ma kita. Menurut penelitian klo kita makan-makanan yang dimasak dengan model 'begini', kita lebih gampang terserang berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker,jantung koroner, hepatitis, dan tentu saja, masalah penuaan. Duh bahaya banget ga sih. Can you not care about this?

Ok, balik ke topik.

Trus gimana dong buat menghindari si radikal bebas itu?
Ya mau ga mau harus pinter milih makanan yang aman dan bergizi dong.
jangan sampe kita cuma bisa nyesel dan nyesel gara2 makanan beginian doang.
bayangin deh, umur 20 udah ada kriputnya. Saingan sama mama papa dong?
hehehe.

Tapi ini buka foto mama saya ko



Ok. Sekarang harusnya lebih tau harus milih makanan kaya gimana dong.
Tapi gw sesekali juga suka nakal ko. masih aja makan gorengan (abis enak sih!)
yang perlu diinget sehat itu mahal! mahal bgt!


Ok see u on next tips. Keep healthy!

3 comments:

d3sMindA said...

iya tauuuuuu
itu foto pupet kan,,
hwahahahahaaaaa
.........
pisss neng!!!

Anonymous said...

Hehe.. ada gambar saya ;P

Putri Karunia Kusumawardani said...

@ riosadja : iya ada gmbar kamuu.. *lohh?