Sunday, February 19, 2017

MENDIDIK DENGAN FITRAH (NHW#4)

Alhamdulillah ketemu lagi dengan NHW edisi ke 4. Minggu ini sengaja mengambil amanah menjadi korming alias kordinatoor mingguan #4.
Ingin menoreh sejarah sedikit, dengan tertatih tatih disela kesibukan yang lumayan padat produksi cadarnya dirumah, ingin menjadi manfaat untuk orang lain.
Bismillah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

(NWH 's question dari point a-g di buat warnanya agak pudar ya.)

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Setelah melalui lorong waktu bersama rekan rekan bunprof mempelajari materi materi yang disampaikan fasilatator tercinta, insyaAllah tetap pada pendirian seperti semula. Yaitu tetap pada mempelajari ilmu agama Islam khusus rumah tangga. Tentang salah satunya bagaimana cara menjadi istri yang menyenangkan bagi suaminya dan membahagiakan bagi anak kami kelak.
b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Menyinggung checklist harian yang dibuat dalam rangka NHW#2,  Alhamdulillah 60% sudah dilakukan. Agar 100% harus selalu meminta kemudahan dan ampunan dari Allah SWT. Karena amalan apapun yang kita kerjakan bukanlah karena hebatnya diri kita. Akan tetapi karena ijin Yang Maha Kuasa lah akhirnya suatu amalan dapat terlaksana.


c.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Contoh : 
Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.
Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Inspirator

SAYA Setiap beraktivitas selalu mengkaitkan dengan sunnah yang selalu dijalankan.
Bidang pelajaran yang membuat saya BERSEMANGAT adalah ilmu Agama Islam khusus Rumah Tangga.
Misi Hidup : menebar ilmu sunnah kepada sesama perempuan calon istri dan calon ibu Maupun yang yang sudah jadi istri dan atau ibu.
Bidang : ilmu Agama Islam khusus Rumah Tangga
Peran : Guru dan Pedagang yang sambil berdakwah

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 

Contoh :  Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka Ibu tersebut menetapkan  tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang 

Untuk bisa menjadi ahli dibidang tersebut maka dapat ditetapkan ilmu yang harus dikuasai sebagai berikut :

1. Hadist-hadits tentang Habluminnallah dan Habluminannas : Ilmu-ilmu agama Islam tentang hakikat hidup dan tujuan hidup agar selaras hubungan kepada Allah dan dengan ciptaanNya.
2. Hadits-hadits tentang Rumah Tangga : Ilmu-ilmu agama Islam tentang hubungan suami istri, ibu dan anak, istri dan lingkungan
3. Hadits-hadits tentang Muamalah : Ilmu-ilmu agama Islam yang mempelajari adab berniaga dan bagaimana cara berniaga sesuai syariat islam.

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai  10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang  di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak.  Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya. 
Milestone  yang ditetapkan oleh ibu tersebut  adalah sbb  :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

Untuk ahli didalam bidang tersebut, saya menetapkam MileStone KM 0 pada usia 24 tahun. (Saat ini usia 29 tahun).
InsyaAllah akan meneruskan komitmen hingga mencapai 15000 jam terbang (atau 2 tahun) disetiap bidang tersebut. Sehingga dalam 6 tahun akan terlihat hasilnya. 


f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Siap laksanakan. 

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Sang Ibu di contoh di atas adalah perjalanan sejarah hidup Ibu Septi Peni, sehingga menghadirkan kurikulum Institut Ibu Profesional, yang program awal matrikulasinya sedang kita jalankan bersama saat ini. 

Sekarang buatlah sejarah anda sendiri. 

Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

No comments: